Minggu, 23 Februari 2014

PT. VARIA USAHA terus memantabkan program paletisasi gudang



By Imam ES

Sejak di canangkan program palletisasi gudang baru di Blora pada tanggal 2 oktober 2013  sebagai  Pilot Project  Palletisasi Gudang Distributor Semen Indonesia,  PT Varia Usaha terus menambah dan menyempurnakan  pogram palletisasi gudang. Tercatat sampai saat ini sudah ada 7 gudang existing yang sudah diterapkan palletisasi yaitu gudang Blora, Palur, Jogja, Gresik, Bojonegoro, Jombang dan Pati. Kesuksesan pelaksanaan palletisasi di  7 gudang tersebut semakin memantabkan langkah PT Varia Usaha untuk segera merealisasikan program palletisasi yang saat ini on schedule yakni Gudang Malang, Tulung Agung, Ponorogo, Banyuwangi dan Klaten.
Pada awal program memang mengalami banyak kendala, khususnya penolakan dari sisi TKBM ( Tenaga Kerja Bongkar Muat), namun dengan pendekatan dan pemetaan TKBM yang tepat dimana mereka difungsikan sebagai tenaga service untuk penurunan semen dan bahan bangunan lainnya sehingga TKBM dapat terserap tanpa harus melakukan PHK.
Program palletisasi di gudang PT Varia Usaha ini selain merespon harapan principal dalam hal ini PT Semen Indonesia ( Persero) Tbk. Juga sekaligus merupakan implementasi budaya kerja perusahaan. Dengan program palletisasi ini kerapian dan kebersihan gudang akan mudah terwujud. Banyak manfaat yang sudah dipetik oleh PT Varia Usaha dengan menerapkan program palletisasi diantaranya:
  1. Kecepatan dalam proses handling in maupun out semen karena mesin forklift bisa bekerja 2 shift.
  2. Ketergantungan terhadap TKBM dapat diminimalkan, khususnya dibeberapa daerah perkotaan yang mulai kesulitan tenaga bongkar muat.
  3. Efisiensi dapat terwujud, dengan semakin banyak turn over semen di gudang semakin efisien biaya per zaknya.
  4. Terjaminnya kiriman semen  dari pabrik ke Gudang Distributor, karena truk sudah dedicated.
  5. Proses FIFO dapat berjalan .
  6. Mengurangi tingkat kerusakan semen, khususnya dapat menekan tingkat pecah zak semen karena meminimalkan handling manual.
  7. Mempermudah proses stok opname
  8. Kebersihan dan Kerapian gudang dapat terjaga
  9. Tingkat polusi dapat ditekan.
  10. Implementasi budaya kerja dan standarisasi gudang dapat berjalan.
  11. Jaminan pengiriman ke pelanggan tepat waktu dan tepat jumlah
  12. Dengan semakin singkatnya  waktu pembongkaran memungkinkan truk expeditur dapat segera  kembali ke pabrik.
Sederet manfaat itu hanya sebagian kecil manfaat yang dapat kami sampaikan disini, manfaat lain yang lebih utama adalah semakin meningkatnya kepuasan pelanggan atas program palletisasi karena kwalitas Semen Gresik yang akan di terima oleh konsumen lebih terjaga, tepat waktu dan tepat mutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar